Minggu, 04 Juli 2010

TIPS MUDAH INSTAL WINDOW XP


Menginstall Windows XP sebenernya tidak terlalu sulit, Karena relatif sama dengan sistem operasi generasi Windows XP lainnya, Bagi yang pengen instal Windows XP sendiri, di bawah ini adalah tips serta langkah-langkah untuk menginstal windows xp.
  1. Pertama lakukanlah setting pada boot-up BIOS komputer. Set boot-up dengan menggunakan CD-ROM, dengan begitu saat komputer nyala maka komputer anda akan melakukan booting pada CD-Rom. lebih jelasnya pengaturan pada BIOS kita setting yang bekerja adalah CDROM.(setiap bios berbeda-beda pengaturannya) catatan sebaiknya anda melakukan instal windows xp dengan cd windows xp installer.
  2. Setelah mengubah boot up pada BIOS, simpanlah bila telah tampak promp tekan space bar untuk bisa secara langsung melakukan boot pada CD-ROM. Tekan space bar kembali untuk melihat pesan yang akan ditampilkan.
  3. kemudian anda akan menemukan sebuah pertanyaan pilihan,yaitu untuk proses install baru, repair dengan mempertahankan instailasi yang telah eksis, atau keluar (Quit). Tekan key untuk operasi proses installasi.
  4. Pada bagian sebanjutnya dan proses installasi tidak jauh berbeda dengan proses install pada Windows 2000. .jadi bila Anda telah, familiar dengan proses install pada Windows 2000, maka proses installsi ini akan berjalan dengan mudah sekali.
    catatan: Sebelum Anda melakukan proses installasi, sebaiknya lakukanlah partisi pada hard disk Anda. Dengan begitu Anda bisa menjaga kemungkinan bila nanti terjadi masalah pada performa Windows XP. Dengan menggunakan multiple partisi, secara tidak langsung, Anda bisa melakukan peningkatan performa dari Windows Xp. Sebaiknya Anda menggunakan multiple partisi dengan ukuran masing-masing 4 sampai 8 GB.
  5. Pilih, salah satu format partisi FAT32 atau NTFS (sebaiknya anda menggunakan komputer tersebut untuk single OS saja yang terinstall)Disini Anda juga melihat dua tambaban pilihan quick untuk masing-rnasing pilihan. Setelah Anda menentukan pilihan yang dengan keinginan tekan key untuk format partisi tadi.
  6. Setelah itu, komputer akan melakukan break, dan kembali lagi dalam beberapa menu. Kemudian program setup secara otomatis akan memulai untuk melakukan pengcopy-an file setelah proses format partisi selesai.dari point ini, Anda bisa melihat masing-masing, serta setiap nama file yang di copy-kan ke dalam hardisk yang ditampilkan pada sudut kiri bawah.
  7. Setelah itu, pilih region dan language, masukkan nama dan organisasi Anda, Masukkan product license key.(untuk lisensi key bisa di download di menu bar key & Crack)
  8. Masukkan untuk nama komputer, dan masukkan juga sebuah password untuk Admin. Jangan lupa untuk mencatat password Administrator tersebut. Setelah proses installasi sebesai, maka XP juga akan membuat sebuah password restore disk, ini untuk menjaga kemungkinan user lupa akan password-nya suatu hari nanti. (Atau biarkan saja alias dikosongi)
  9. Pilih setting network Anda. Anda bisa membiarkan pada set-otomatis, bila menggunakan dhcp server untuk menandai IP addresses. bila Anda mempunyai static IP address untuk broadband access, masukkan setting ISP Anda. Pilih workgroup atau nama domain.
  10. Register copy Windows XP bila Anda mempunyai hardware yang terbaru pada komputer. Tunggulah untuk beberapa menit agar Windows XP menyelesaikan penginstalan untuk hardware tambahan

Driver install
Pada telah menyediakan driver update- lah secara online. Proses ini sedikitnya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk proses installation. Setelah Itu Anda bisa menggunakan XPerience.